30 Jan 2012

Catatan Hitam Putih

24/09/2011 bertepatan pada hari sabtu yaap hari sabtu dimana para anak muda merayakan weekend mereka dan kita sebagai MABA harus mengalami nasib yang berbeda. Tepat pukul 05.00 pagi tiba-tiba ada suaraa “ooooOOOooOO-nanananaanna-BAD ROMANCE~” saya kaget bantal sayapun ikutan kaget Lady gaga ?? sejak kapan Lady gaga datang dan konser disamping lorong rumah ?? sejenak sayapun baru sadar itu handphone saya yang nyanyi menandakan sudah saatnya bangun dengan refleksnya alarm itu saya matikan dan lanjut tidur lagi tiba-tiba bunyi aneh-aneh kembali bermunculan kembali ternyata sms dan mention si Adillah datang menyerbu dengan kejamnya “BANGUNNNNN YUK- BANGUNNN YUK” kali ini saya mengaku kalah dan bersiap-siap sebelum memakai hitam-putih saya dan Pra ospekpun dimulai.
Sebulan itu tiap sabtu dan minggu para MABA rutin mengikuti prosesi ini, tiap pagi kumpul di Fakultas dan siap menerima materi dan tentunya ada pembagian kelompok yang isinya dari berbagai jurusan  nah here i am kelompok 4 terdiri dari 17 makhluk yang beraneka ragam di ketuai oleh saudara Muh.yusran serta didampingi oleh kanda Ony yang cukup ramah walaupun dengan tampilan rambut gondrongnya  serta kanda Puthe’ yang merupakan pendamping saya dikelompok 20 dulu orangnya manis rajin senyum pula dan inilah kami Black Market team sebelum kelompok ini dulunya ada kelompok 20 yang isinya hanya 10 orang, kelompok ini senantiasa didampingi dengan kanda Puthe (LAGI!) dan kanda Rezky syam (baca:king-king) awal bertemu dengan ka’ king-king dengan postur yang tinggi besar gondrong pula jadilah dia seperti senior tersangar dengan penampilan seperti itu *telanludah tapi tapi setelah menghabiskan waktu bersama akhirnya kami sadar “tampang security hati hello kitty” itulah ka’ king king.  Nah ospek ini selain materi dan teriakan “TUNDUKKOOOOO “ serta “FOKUSSS DEK FOKUSSSS” kita juga sempat nge yel-yel dan persembahan buat penutupan dan Sebelum kembali kami bersalaman satu-persatu dengan para senior dan semua rata-rata mengucapkan hal yang sama “Lanjut sampai  di BA dek yah” dengan sangat antusiasnya, nah saya dengan kesotoyyanya menjawab manis ohh iya dong kaa’ tanpa tau BA itu APAAAAN???
Well, 1 minggu berlalu dengan senyum berbinar-binar dari kami para maba karena ospek selesai penderitaan berakhir yey, tapi tiba-tiba kami di kumpulkan dengan wajah-wajah baru dan tentunya lebih muda kakak-kakak spultura 2010 dengan kompaknya berkumpul dan menyampaikan “dek, kami dari 2010 yang akan jadi panitia buat BA nanti dan siap dampingi kalian untuk persiapan sebelum BA” Senyuman kamipun sirna *bunyiguntur inikah saatnya? Secepat inikah? Pakee rok lagi? Latihan apa selama satu bulan? Kenapa harus pakee lari-lari rutin segala? Sekejam apa bina akrab ituuuu?
Senior : Perhatiaaan !
IE 2011 : Ta’ bancaaaacccuuuuu ~
*hening
Setelah hari itu hidup saya kembali diselimuti perasaan gundah gulana kami khusus jurusan IE wajib pakai gelang dan pin serta ROK bagai kaum hawa sementara kawan Manajemen dan Akuntansi kita bebas dengan style mereka tapi lama-kelamaan dengan adanya perbedaan itu sangat mudah menandai teman sejurusan kami. Pembagian itempun selesai fix parody dan akustik menjadi pilihan saya dan mulailah kita rutin latihan tiap minggunya, khusus buat item terberat parodii betul-betul banyak menghabiskan waktu dan tenaga lebih tiap pulang kuliahnya kami harus mengatur jadwal untuk dubbing yang selalu bertengker di rumah mimi dan rumah nenek saya yah palingan jam 12 malam baru selasai IYA 12 malam L dengan peran sebagai anak punk yang sumbing -__-“. Lari keliling Unhas tiap sabtu sore sukses membuat pingsan teman-teman saya dan beberapa ada yang kesurupan awal yang menakutkan sebelum BA.
11/11/2011 tanggal yang keren buat proses yang keren *buatparasenior, violaaaaa tinggi moncong Malino adalah tempat kita selama 3 hari untuk di BA’kan lengkap pakaian hitan-hitam dengan mental dan fisik yang dikuatkan kami IE 2011  keras-kokoh-dan tahan dingiinnn macam semen ini siap tempurrr yeaaaayyyy !!
H-1 : Kendaraan yang biasa diisi dengan tentara itu kini dihuni dengan puluhan gadis polos nan pasrah yang duduk manis selama 2 jam sebelum sampai diarena pertempuran, sekitar jam 7 lewat kami sampai ditempat tujuan dan barisan rapi dengan gaya khas saling memegang tangan serta tunduk-tundukan pun segera diformasikan siap jadi santapan para senior -___-“, yah benar saja dari keseluruhan malam di malam-malam hidup saya malam itu menjadi malam yang sangat menegangkan, setelah pembukaaan Bina akrab yang lokasinya berada dilapangan beserta pup sapi yang ada dimana-mana kami anak parody harus siap menampilkan drama “Putri Kemarau” selain itu anak akustik juga harus menampilkan 2 lagu malam itu !  Cenat-cenut nda jelas pikiran tak menentu baiklah saya siap malu. Saatnya parodi nampil diawali dengan performa Takdir yang nan bancis serta gila disusul dengan Mimi sebagai ratu kejam nan jutek dengan cermin cu’malanya yang diperankan oleh Helky sejauh itu mereka menunjukkan performa yang keren sehinnga banyak senior yang mulai tertarik dan tibalah saatnya saya buat terjun ke lapangan yah Dayang yang beraliran punk namun sumbing ini kudu saya perankan dengan khas “ooiioiiii” sambil ngangguk-ngangguk saya sukses mempermalukan dan semenjak hari itu label sebagai anak punk pun melekat maafkan anakmu in mak’ --“ . Parodi sukses diikuti dengan akustik akhirnya malam itu selesai juga menanti hari esok menanti sambutan senior kami.
*Sok pegang mike padahal untuk gitar saja kasihan awaak  
H-2 : This is the day ! Hiking ! 6 pos ! senior ! Pagi itu setelah sarapan yang cukup enak dengan nasi goreng sosisnya menjadi awal yang indah buat hari yang menjadi penggalauan para MABA apa daya kami harus siap, kelompok pun telah dibagi saya merupakan bagian dari kelompok 5 yang isinya antara lain Takdir,Abul,Asrul,Dani,Emi,dan Ulfa . Well, dimulai dari pos kakak 2010 yah tahap ini aman-aman sajaa kadar shock makin menurun, dengan sok tegar serta coolnya kita memasuki pos 2009 merasa sudah agak kenal karena meraka adalah kakak-kakak stering jadi pembawaan semakin santai tapi tapiiii ternyaataaaaaaaaaaa ini adalah pos kejam merayap sudah biasa push-up pun biasa tapi teriakan hentakan kasar itunya yang amat sangat menyabarkan gendang telinga saya dan dengan suksesnya setelah dicaci maki dengan suara level toa’ seperti itu membuat Dani sukses nangis padahal jelas-jelas saya yang menajadi korban saat itu saya sadar punya telinga congek tidak buruk-buruk jugaa hahayy. Setelah itu melangkah ke pos 2008 yang mungkin buat para teman adam saya ini pos yang sangar dan cukup sangar pula buat kaum hawa dengan push-up sebanyak minus TTD 40 kali lumayanlah -__-“. Nah lanjut di pos kakak 2006 yang paling berkesan dan amat sangat beda dari pos-pos sebelumnya walaupun sang kaum adam yang hanya berkontribusi di pos ini banyak hal lucu dan konyol di pos ini “salam dewa Himajie !!! Dan tidak terasa hiking pun berakhir dengan persaaan yang amat sangat jauh dari prasangka kami hey ini asik malah kita perlu pengalaman konyol nan tidak terlupakan seperti ini
       
Malam itu diisi dengan performa anak-anak gandrang bulo, tari, serta pom-pom nah untuk item satu ini tak dapat dipungkiri amat sangat menghibur senior bahkan kami, yah teman gila saya ini memang gokil memang kreatif dan amat pantas di apresiasi hihii botak-botaak cekidoott :
 
H-3 : Last day ! freedom day ! senyum2 day ! akhirnya hari ini prosesi berakhir pegalaman bertambah keakraban dengan seniorpun terjalin tiada dusta pun terjadi diantara kami *tsaaah. Intinya prasangka tentang BA itupun berakhir manis, dengan proses ini kami semakin saling mengenal kami punya kisah kami punya pengalaman dan kami punya persamaan nasib yang akhirnya menyatukan beberapa kepala-kepala baru ini.
Setelah BA semuanya berubah tidak ada lagi sekat antara kami dengan senior kami semacam keluarga walaupun belum resmi, banyak yang dirindukan selam prosesi itu. Beberapa bulan kemudian proses serasa jadi manusia tulenpun dilaksanakan . Linear group (LG) atau pra Latihan Kepemimpinan(LK) dimulai dilaksanakan 3 hari diisi dengan materi-materi keren dan bermanfaat dengan system pointya melahirkan teman-teman saya yang memang pandai dalam beretorika dan menyampaikan argument disusul dengan Latihan Kepemimpinan beberapa minggu kemudian dengan system yang sama walau materi yang lebih berat 3 hari pula kita bersama di Wisma Amkomp menjadi secarik pengalaman proses kami yang menjadi syarat terakhir pengakuan menjadi KEMA (keluarga mahasiswa).
Setelah 5 bulan semua sanggup saya jalani, setelah 5 bulan banyak certita tercipta, setelah 5 bulan saya memgalami banyak pergerakan yang merujuk pada perubahan paradigma perubahan sikap yang menyadarkan saya sebagai penanggung tanggung jawab intelektual. Proses itu perlu bahkan sebagi syarat umtuk mencapai tujuan saya sebagai manusia yang ingin bermanfaat dan inilah saatnya inilah masanya difase menjadi seorang Mahasiswi.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 Tinta Maple
Theme by Yusuf Fikri